Download SNI Tata cara pemilihan campuran untuk beton normal, beton berat dan beton massa


Download SNI Tata cara pemilihan campuran untuk beton normal, beton berat dan beton massa - Pedoman ini merupakan acuan dalam memilih campuran beton. Beton merupakan salah satu struktur yang banyak digunakan untuk bangunan. Struktur bangunan sangat mengandalkan kekuatan beton dan besi. Oleh karena itu dalam membuat campuran beton harus benar- benar diperhatikan dalam pemilihan material maupun cara pengerjaannya. 

Pada pedoman SNI  Tata cara pemilihan campuran untuk beton normal, beton berat dan beton massa, menjelaskan tata cara pemilihan campuran untuk beton normal, beton berat dan beton massa dengan menggunakan berbagai jenis/ tipe semen. Standar ini merupakan adopsi modifikasi dari ACI 211.1-91 ‘Standar practice for selecting proportion for normal, heavyweight, and mass concrete’. 

Standar ini disusun oleh Panitia Teknis 91-01 Bahan Konstruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil melalui Gugus Kerja Bahan Bangunan pada Subpanitia Teknis 91-01-S4 Bahan, Sains, Struktur dan Konstruksi Bangunan.

Tata cara ini menguraikan tentang metode pemilihan campuran beton dengan semen hidrolis yang dibuat dengan atau tanpa bahan-bahan bersifat semen atau bahan tambahan kimia lainnya. Beton ini terdiri dari agregat normal dan atau berat (untuk membedakannya dari agregat ringan) dengan sifat kemudahan pengerjaan (workability) yang sesuai untuk pekerjaan-pekerjaan konstruksi umumnya. 

Bahan pengikat hidrolis yang diacu dalam standar ini adalah Semen Portland (SNI 15-2049-2004), Semen Portland Pozzolan (SNI 15- 0302-2004), Semen Portland Komposit (SNI 15-7064-2004), dan Semen Portland Campur (SNI 15-3500-2004). Standar ini tidak untuk menentukan pemilihan campuran yang menggunakan serbuk silika padat (condensed silica fume). 

Di bawah ini terdapat dua SNI yang bisa didownload yaitu 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download SNI Tata cara pemilihan campuran untuk beton normal, beton berat dan beton massa"

Posting Komentar